Hidden Gem di Sekitar Danau Toba yang Wajib Kamu Kunjungi!

Hidden Gem di Sekitar Danau Toba yang Wajib Kamu Kunjungi!

Danau Toba sudah menjadi primadona destinasi pariwisata kebanggaan Indonesia, khususnya bagi masyarakat Sumatera Utara. Fakta uniknya, danau yang di tengahnya terdapat Pulau Samosir ini adalah danau vulkanik terbesar yang ada di dunia.

Mau tahu tempat-tempat asik dan estetik lainnya yang ada di sekitar Danau Toba? Yuk follow Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.

Bagi wisatawan yang ingin mencari tempat sempurna untuk bersantai, Danau Toba bisa menjadi pilihan karena udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang. Hal ini dikarenakan letak Danau Toba yang berada 900 meter di atas permukaan laut. Terlepas dari panorama danau yang memukau, wisatawan juga dapat menikmati keindahan pemandangan deretan pegunungan dengan pepohonan hijau yang menyegarkan mata.

Namun tak banyak yang mengetahui bahwa di sekitar kawasan Danau Toba masih banyak daya tarik pariwisata yang bisa wisatawan kunjungi, beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Air terjun Situmurun

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang jatuh ke genangan yang relatif tidak terlalu luas, Air Terjun Situmurun memiliki ciri khas yang unik, yakni mengalir langsung ke Danau Toba. Pesonanya dapat wisatawan nikmati dari atas kapal, maupun dengan berenang langsung di sekitar aliran.

Air Terjun Situmurun memiliki 7 tingkatan dengan tinggi mencapai 70 meter. Tak heran, daya tariknya ini membuat wisatawan rela menempuh perjalanan jauh.

Wisatawan yang datang juga bisa berenang di dalam airnya yang sangat segar. Namun, disarankan agar tidak terlalu dekat dengan area jatuhnya air terjun karena putaran air sangat kuat. Setiap kapal juga akan menyediakan pelampung untuk para wisatawan, sehingga keamanan akan sangat terjamin.

Air terjun yang oleh warga setempat disebut juga sebagai Binangalom ini berjarak kurang lebih 70 kilometer dari Kota Balige, tepatnya di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 4-5 jam jika wisatawan berangkat dari Medan, atau sekitar 2 jam dari Bandara Internasional Silangit.

2. Bukit Holbung

Bukit Holbung yang terletak di Pulau Samosir ini bukan sekadar bukit biasa. Ada keistimewaan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, yakni pemandangan alam yang indah kombinasi panorama alam antara hijaunya pemandangan perbukitan dan birunya air Danau Toba.

Bukit dengan pemandangan mirip bukit yang ada di serial Teletubbies ini berada di sekitar Danau Toba, tepatnya terletak di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Selain sekadar berkunjung, wisatawan juga bisa membawa tenda untuk camping di atas bukit.

Jika wisatawan berangkat dari Medan, langsung saja menuju ke Tele melewati Keban Jahe. Jika melewati rute ini, wisatawan harus melalui Pelabuhan Tiga Raja untuk menggapai Tomok di Pulau Samosir. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba rute lainnya, yaitu Samosir, Prapat, dan Siantar.

3. Desa Wisata Tomok

Desa Wisata Tomok adalah sebuah desa kecil, namun penuh akan sejarah dan budaya. Desa ini tepatnya terletak di pesisir timur Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara.

Masyarakat di Desa Wisata Tomok sangat menggantungkan kehidupannya pada bidang agraria, perdagangan, dan pariwisata.

Di desa ini, wisatawan juga dapat menemukan benda-benda zaman megalitikum yang bersejarah, sehingga kawasan ini menjadi salah satu situs kebudayaan di tanah Batak. Ada makam tua Raja Sidabutar dan keluarganya, gereja tua, Museum Batak, Patung Sigale-gale, batu kursi, hingga patung gajah purba.

Pengaruh modernisasi di kawasan desa wisata ini sudah cukup berkembang, di samping peninggalan-peninggalan sejarah dan budayanya yang masih terjaga. Hal ini terbukti dengan masyarakatnya yang cukup menguasai Bahasa Inggris saat berbicara dengan wisatawan asing

Dari Kota Medan, perjalanan menuju desa ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk sampai di Pelabuhan Wisata Parapat dengan kendaraan pribadi, sewa, atau bisa juga menggunakan bus antar-kota.

Wisatawan yang sedang merencanakan kepergian untuk berwisata ke kawasan Danau Toba tidak perlu khawatir akan kenyamanan dan keamanan dalam berwisata. Pasalnya, masyarakat sekitar lokasi wisata sangat kooperatif dan dilibatkan dalam memajukan pariwisata di sekitar Danau Toba.

Sebagaimana yang dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang mengajak seluruh elemen masyarakat dan para pemangku kepentingan kepariwisataan di Danau Toba untuk berkolaborasi secara aktif menggarap semua potensi lapangan usaha untuk mendukung pariwisata.

“Sejalan dengan ini, saya berharap akan dilakukan langkah-langkah strategis untuk pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dibuka secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan,” ungkap Sandiaga dalam keterangan resmi pada Kamis, 21 April 2022.